Di SMP Negeri 3 Satu Atap Kedungjati, Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah.
sekolah
yang berlokasi di ujung selatan Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah
tepatnya di Desa Padas. Kondisi lahan yang tandus dan jauh dari pusat
perkotaan inilah yang membuat masyarakat Desa Padas mencari solusi untuk
keberlangsungan pendidikan utamanya untuk masyarakat dengan penghasilan
menengah kebawah.
Pada
tahun 2007 Pemerintah Kabupaten Grobogan lewat Dinas Pendidikan
mendidrikan sekolah sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan sistem
pengelolaan satu atap yaitu SD SMP Negeri 3 Satu Atap Kedungjati. Dalam
perkembanagannya sekolah ini berubah nama menjadi SMP Negeri 3 Satu Atap
Kedungjati yang lokasinya masih menjadi satu dengan SD Negeri 2 padas.
Sambutan
masyarakat begitu antusias dengan hadirnya sekolah ini, hal ini dapat
diliat dari data siswa yang mendaftar yaitu 54 siswa pada tahun pertama
dan pada tahun-tahun berikutnya jumlah siswa semakin berkembang bahkan
pada tahun ketiga yaitu tahun pelajaran 2010-2011 jumlah siswa SMP
Negeri 3 Satu Atap Kedungjati ini mencapai 191 siswa. Sampai pada tahun
2019 ini sudah terjadi 3 kali pergantian Kepala Sekolah yaitu Sutrisno, S
Pd., M Pd., (2007-2015), Agus Wiyono, S Pd. (25 Agustus 2015-14
februari 2019), Drs. Muhammad Bakri (15 februari 2019 samapai
sekarang).
A. Moto
CeRIA (CERDAS, RELIGIUS, INOVATIF DAN ASRI)
:
Program
Peningkatan Mutu SMP Negeri 3 Satu Atap Kedungjati
Berdasarkan Nilai
Cerdas yaitu menjadikan peserta didik mampu menguasai kecerdasan
Intelejensi, Emosional dan Sosial. Relegius yaitu Mengenalkan dan mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama disekolah pada peserta didik. Inovatif yaitu melatih
peserta didik untuk bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya. Asri yaitu
menjadikan sekolah sebagai kegiatan belajar mengajar yang indah bersih dan
menyenangkan
B. Visi Sekolah
Terwujudnya
siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Kedungjati yang : "Unggul
Dalam Prestasi, Berkepribadian, Berbudi Luhur, Mandiri serta Menguasai IMTAQ
dan IPTEK"
Indikator visi sekolah :
1. Terwujudnya
pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktiif
2 Terwujudnya
proses pembelajaran serta sistem penilaian yang efektif dan efisien
3. Terwujudnya
lulusan yang cerdas, terampil, kreatif, santun dan berakhlaq mulia serta
berwawasan global maupun futura
4. Terwujudnya
pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensipedagogik,
kepribadian, sosial dan profesionat dengan etos kerja yang tinggi.
5. Terpenuhinya
sarana prasarana pendidikan yang memadai dan representatif.
6. Terwujudnya
manajemen pengeloiaan sekolah yang efektif, efesien, transparan dan akuntabel.
7. Terwujudnya
sistem anggaran berbasis kinerja.
8. Terwujudnya
lingkungan sekolah yang kondusif berdasarkan norma agama dan sosiat serta
berkomunikasi dengan bahasa natif maupunbahasa global.
C. Misi Sekolah
1. Mengembangkan
motivasi dan rasa senang belajar
2. Mengembangkan proses pembelajaran yang
efektif dan efesien serta
berorientasi kecakapan hidup (life
skill).
3. Mengembangkan
perangkat kurikulum dan sistem
penilaian yang efektif serta berkelanjutan.
yang lengkap, mutakhirl maupun futura.
4. Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan unggul (cerdas,
terampil, kretif, santun, berakhlaq mulia dan berwawasan lingkungan dan
berwawasan global maupun futura)
5. Mengembangkan SDM pendidikan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosiat dan profesional dengan etos kerja yang tinggi.
6. Mengembangkan sarana prasarana pendidikan yang memadai dan
representatif.
7. Mengembangkan manajemen pengeloiaan sekolah yang efektif, efesien,
transparan, dan akuntabel.
8
Mengembangkan
lingkungan pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai norma agama dan sosial
serta berkomunikasi bahasa natif maupun bahasa global
Tidak ada komentar:
Posting Komentar